Jumat, 28 Februari 2014

Track0-Hell o College Ward!

Mungkin kalo temen2 pernah memulai belajar programming di sekolah, saya yakin 67,85% program pertama yang temen2 buat adalah “Hello World”, jangan lupa tanda pentung nya! (mungkin kalo orang Medan tanda pentungnya ada 3!!! -peace lae! haha). Tapi kok harus hello world ya? Klo saya jadi editor penerbit arlanggai ato yubisthira, saya bakalan buat hello world tadi jadi “hello college world!” Tanya kenapa?eiits, ini bukan iklan rokok, hehe.. jawabannya ntar ya..
Banyak banget hal-hal yang terjadi di dunia kuliah. dan kalo menurut saya, waktu perkuliahan ini jadi masa2 dimana anak SMA jadi anak S1, tempat dimana anak geng motor sekolahan rela belajar matematika di teknik, transformasi cewe culun SMA jadi keliatan “keibuan” setelah make jilbab dan kacamata kotak gede trus bawa buku tebel khas fakultas kedokteran, dan tempat dimana cewe SMA B3 (BlackBerry, Behel, BelTeng-Belah Tengah) jadi makin tinggi belahan rok nya setelah masuk ekonomi.
Hehehe, bercandaa.. tapi ya kebanyakan gitu siih
Balik ke pernyataan pertama saya, kenapa malah pembelajaran pemrograman harus dimulai dengan hello college world? Menurut Wangsa Saputra, ilmuwan sunsilk selain Thomas taw dan jamal hamadi, kuliah adalah titik cut-off dunia anak2 dan dunia dewasa seorang manusia. Widiih berbobot bgt.. disini temen2 bakalan dapat 69% ilmu yang akan temen2 pake selama hidup. Jadi salah besar kalo ada mahasiswa yang bilang pelajaran yang didapet di dunia perkuliahan ini Cuma untuk kerja di perusahaan gede, ato jadi dosen. Cara kamu nembak cewe, cara kamu download game gratis, cara kamu belajar h-1 sebelum ujian, pandangan kamu terhadap kenaikan BBM, solusi buat ngilangin kemacetan di Jakarta, dan cara kamu gedein anak bakalan kamu pikirin di dunia kuliah ini.
Yaa kalo disingkat sih jadinya dunia perkuliahan ini jadi tempat kamu mencari jati diri. nah paradigm kaya gini nih penting juga buat ditanemin sejak SMA, biar anak2 yang nanti nya mau masuk kuliah ga sebatas pengen pamer almamater doang.. jangan rumus cepat sama try out doang yang digodok ke anak kelas 3, biar pas udah masuk kuliah, mahasiswa baru ga kaku, ga hanya pengen belajar textbook trus, tapi sekali sekali ngembangin karakter dia nya juga lewat kegiatan sehari hari,  ya gak? Misalnya main DOTA sama PES..
Faktanya, banyak anak-anak pra kuliah yang belum ngerti masalah kaya gini karena terlalu sibuk beli brownies buat guru nya. Yaa tau lah, skarang kan zamannya pake nilai rapor buat masuk kuliah, hehehe.. di awal perkuliahan pun banyak yang belum sadar pentingnya kegiatan tambahan selain kuliah. Cuma yang pengen eksis aja yang biasanya ikut-ikutan macem2. Hasilnya? Setahun kemudian setelah si doi aktif di komunitasnyaaa, eh penampilan, gaya bicaranya, dan pemikirannya udah beda dengan kita-kita yang lebih banyak ngabisin waktu di kos buat PES dan nyeduh indomi. Kadang-kadang bikin kita iri juga sih, soalnya dia jadi banyak temen, makin pinter, dan tau tau udah bawa piala menang lomba.
Nah trus kita-kita yang iri ini akhirnya pengen masuk komunitas juga buat ngembangin diri, tapi malah jadi susah. Soalnya yang daftar bareng kita itu junior kita, dan lebih parah lagi, pemikiran mereka juga lebih oke dari pemikiran kita.. makin minder deh. Dan akhirnya, kita tuh kaya terjebak di tower rapunzel. Mau nyoba keluar, tapi susah banget, ya mending nikmatin aja kesendirian kita di kos. Sendirian. Liat yang lain berkembang. Sendirian. Jomblo. Kasian gat uh? Makanya jangan kuper gan, jadi orang terbuka, suatu saat kamu juga bakalan dapat komunitas yang bermanfaat buat kamu dan orang di luar komunitas mu kok, pede ajaa..
Nah, Buat temen2 yang pengen masuk kuliah, nih saya bocorin 5 jenis mahasiswa yang bakal sering kalian temuin, dan juga efeknya terhadap perubahan karakter temen2 klo misalnya keseringan deket sama si doi. Tapi di tulisan yang selanjutnya yak.. babaay,





Tidak ada komentar:

Posting Komentar